Tips Bagaimana Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebagian besar wanita tak bisa berkutik saat datang bulan atau haid. Kalau sudah begini bawaannya uring-uringan dan menghambat aktivitas.

Minum obat atau jamu adalah salah satu cara yang biasa dilakukan untuk meredakan nyeri haid.


Lantas bagaimana jika penderita alergi terhadap obat-obatan atau tak mau minum obat? Tenang saja betikut ada tip meredakan nyeri tanpa obat.

1. Kompres Perut

Kompres bagian perut menggunakan air hangat dan air dingin. Untuk kompres menggunakan air hangat bisa dilakukan dengan menempelkan kantong karet atau handuk di bagian yang terasa nyeri sambil dilakukan pemijatan ringan. Untuk itu dianjurkan melakukan kompres dingin tidak lebih dari 30 menit.

2. Pemijatan

Lakukan pemijatan ringan di daerah perut bawah. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari.

Gunakan baby oil atau krim untuk membantu pemijatan. Lakukan gerakan memijat dengan tenaga secukupnya dengan tidak terlampau kuat, searah jarum jam.

3. Minuman Hangat

Cukup minum air putih hangat. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, alkohol dan tinggi gula karena dapat memperparah rasa nyeri. Jika memungkinkan minum wedang jahe hangat.

4. Makan Ringan

Jangan takut menjadi gemuk. Yang penting porsi camilan tak berlebihan. Hindari makanan yang berlemak, minuman bersoda dan usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, (bergula tinggi, berbahan pengawet dan lainnya). Buah-buahan segar dapat menjadi pilihan.

5. Posisi Berbaring 

Tubuh akan secara refleks alami dan naluriah mencari posisi yang akan meringankan nyeri tubuh. Cara berbaring lainnya adalah Anda dapat lakukan berbaring dengan posisi miring dengan lutut ditekuk.

6. Relaksasi

Mendengarkan musik atau yoga dapat meringankan nyeri. Hindari sementara hal-hal yang mencetuskan tekanan bagi Anda (stressor), dengan demikian akan semakin membantu Anda mencapai relaksasi.

Pilihlah kegiatan kesukaan Anda masing-masing yang bisa mendatangkan relaksasi pada diri.

7. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan bagian dari upaya relaksasi. Tidak perlu khawatir jika harus mandi pada malam hari.

sumber : http://wartakota.tribunnews.com/2014/12/30/redakan-nyeri-haid-tanpa-obat-dengan-cara-ini

Subscribe to receive free email updates: