Selain Bisa Sebabkan Cancer, Radiasi HP Ternyata Bisa Sebabkan Kemandulan

Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) pernah membuka perihal bahaya radiasi gelombang hp pada kesehatan badan. Menurut laporan yang baru launching sebagian bln. lalu menyampaikan bahwa radiasi hp bisa menyebabkan kanker otak.

Radiasi itu dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya yang lain seperti asap knalpot, timbal serta kloroform.

hp hape cancer kanker 02Setidaknya teori inilah yang pada akhirnya di derita oleh penyanyi country Sheryl Crow.



Seperti yang di ketahui, Sheryl Crow mengungkapkan pada media bila dianya menderita tumor otak. Kecurigaan ini bermula waktu dianya lupa mengingat salah satu lirik lagu yang umum ia nyanyikan di panggung.

Serta waktu berbincang dengan reporter Katie Couric dari surat berita Las Vegas Review Journal, Crow yakini tumor di otaknya muncul akibat penggunaan hp sepanjang bertahun-tahun.

“Saya mempunyai teori bila penyakit itu terkait dengan hal itu (hp), ” ungkap Crow kepadanya sang jurnalis. “Saya dahulu sering memakai hp (untuk telephone) selama berjam-jam. ”

Tumor yang terkena Crow dimaksud Menongioma. Oleh tim dokter, tumor itu di ketahui tumbuh di segi kepala tempat Sheryl biasa memakai hp untuk menelpon. Perihal ini pula yang lalu membuat dirinya meyakini hp ini jadi satu diantara pemicunya.

Walaupun dokter tak menyimpulkan hp sebagai pemicu. Tetapi apa yang dihadapi Crow setidaknya memperkuat sebagian studi yang menyebutkan radiasi hp adalah salah satu aspek yang bisa menimbulkan penyakit kanker pada manusia.

Salah satu studi yang mengklaim hal itu yaitu presentasi yang didapatkan dalam pertemuan tahunan Bioelectromagnetics Society ke-32 yang diadakan di Korea Selatan pada th. 2010 lalu.

Dalam pemaparannya, sebagian ahli analisa mengungkapkan data bila 25 % dari pemakai hp beresiko tinggi alami kanker.

Walau masih jadi perbincangan, tetapi masalah yang dihadapi Sheryl Crown pasti jadi pelajaran bernilai untuk setiap pemakai hp supaya lebih berhati-hati serta bijak dalam memakainya.

Hp Dapat Juga Menyebabkan Kemandulan

Belum cukup hingga disitu, saat ini sebuah riset baru membuka hal yang lebih mencengangkan lagi.

Suatu studi yang dirilis oleh Pusat Riset Reproduksi di Cleveland tunjukkan bahwa ada peningkatan masalah infertilitas pada orang yang sering memakai Hp, terutama pria.

Penelitian yang di pimpin oleh Profesor Ashok Agarwal itu dikerjakan dengan mengambil sample dari seputar 360 orang pria. Mereka lalu membagi dalam tiga grup.

Kelompok pertama yaitu mereka yg tidak pernah mengggunakan Hp, grup ke-2 terdiri dari pria yang menggunakan Hp kurang dari 2 jam sehari-hari, sesaat grup ketiga terbagi dalam pria yang sangat aktif memakai hp, yaitu paling sedikit 4 jam sehari.

Kriteria sperma yang diteliti yaitu jumlah sperma, motilitas, viabilitas serta tampilan. Dari hasil eksperimen yang didapat menunjukkan bahwa grup pria yang paling aktif memakai hp alami penurunan jumlah sperma sejumlah 25%, disamping itu kemampuan sperma juga berkurang sampai 30%.

Paling akhir, pria yang memakai Hp kian lebih 4 jam satu hari penampilan spermanya menurut sampai 50%. Dengan adanya hasil itu, bukti tentang ada dampak buruk dari radiasi Hp makin menguat!

Untuk itu, untuk beberapa pria yang terutama ada di umur subur, mereka menyarankan untuk mengambil langkah untuk kurangi radiasi hp sebanyak-banyaknya. Sebagai misal, jangan menaruh Hp di saku dekat pangkal paha lantaran bisa menyebabkan rusaknya sel secara permanen.

Subscribe to receive free email updates: