Inilah Berbagai Istilah di Internet yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi sebagian orang, istilah-istilah ini mungkin dianggap asing. Tapi tidak demikian halnya dengan mereka yang akrab dengan dunia maya atau pun media sosial. Berbagai istilah dan bahasa gaul ini digunakan secara luas untuk berkomunikasi maupun mengungkapkan ide mereka masing-masing.

Nah, bagi anda yang belum tahu, berikut merupakan istilah - istilah populer yang kerap kali digunakan di dunia maya dan media sosial ;



1. Afgan

Istilah afgan kerap kali ditemukan dalam situs jual beli atau dalam transaksi jual beli secara online. Istilah ini merujuk pada lagu penyanyi Afgan yang berjudul sadis. Istilah afgan kemudian kerap kali dipertukarkan dengan kata sadis. Misalnya, harga nego no afgan yang artinya boleh ditawar asal penawarannya jangan sadis.

2. #Eeeaaaa

Istilah ini banyak ditemukan di timeline media sosial. Biasanya untuk merespon status-status gombal. Istilah ini merujuk pada teriakan-teriakan yang kerap kali muncul dalam acara talk show yang dipandu Tukul Arwana.

3. Hoax

Istilah hoax merujuk pada berita palsu atau kabar yang tidak benar.

4. PM

Ini merupakan singkatan dari Private Message atau pengiriman pesan secara pribadi. Biasanya digunakan untuk berkirim pesan yang tak ingin diketahui banyak orang. Istilah ini juga banyak ditemukan di situs jual beli. Misalnya, harga nego PM langsung. Sementara di twitter, biasanya menggunakan istilah DM atau direct message. Ini merupakan dua istilah yang maknanya sama.

5. #LOL

Laugh out Loud biasanya disingkat LOL dengan atau tanpa hashtag. Artinya tertawa terbahak-bahak.

6. #ROTFL

Ini hampir sama dengan LOL hanya saja untuk mengungkapkan hal yang lebih lucu dibandingkan LOL. Ini merupakan singkatan dari Rolling on the Floor Laughing, atau tertawa terbahak-bahak sampai 'guling-guling'.

7. #OOTD

Istilah ini biasanya digunakan bersamaan dengan unggahan foto pakaian yang sedang dipakai. OOTD ini merupakan singkatan dari Outfit of The Day.

8. #ASAP

Istilah ini merupakan singkatan dari As Soon As Possible atau sesegera mungkin. Biasanya digunakan dalam percakapan langsung di forum, maupun media sosial. Permintaan #ASAP, biasanya direspon dengan jawaban #ASAIC yang merupakan singkatan dari As Soon As I Can, atau secepat yang saya bisa.

9. #ASL

Di dunia pesan instan tampaknya istilah inilah yang paling banyak digunakan terutama ketika memulai percakapan dengan orang yang belum diketahui. ASL merupakan singkatan dari Age, Sex and Location atau menanyakan usia, jenis kelamin dan lokasi lawan bicara.

9. #BBS

Biasanya digunakan ketika seseorang meninggalkan lawan chatingnya. BBS merupakan singkatan dari Be Back Soon, atau akan segera kembali secepatnya.

10. #Throwback

Istilah ini populer di instagram untuk menunjukan postingan yang sudah pernah diposting sebelumnya atau postingan yang sudah lama.

11. #Latepost

Biasanya digunakan bersamaan dengan unggahan foto yang kejadiannya sudah lama terjadi.

12. #SWAG

Istilah ini merupakan singkatan dari Style With A Little bit Gangsta, untuk menunjukan gaya seseorang yang dianggap keren, seperti seorang gangster.

13. #QOTD

Ini merupakan singkatan dari Quote of The Day. Berisi kutipan-kutipan atau kata-kata mutiara.

14. #FAQ

Merupakan singkatan dari Frequently Ask Questions atau pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Biasanya digunakan di website-website layanan konsumen.

15. #IMHO

Ini merupakan singkatan dari In My Humble Oppinion. Biasanya digunakan dalam diskusi online, untuk menunjukan rasa hormat ketika akan berpendapat. Adapula yang hanya menggunakan istilah #IMO atau In My Oppinion.

16. #CMIIW

Ini merupakan singkatan dari Correct Me if Iam Wrong, atau artinya tolong koreksi jika saya salah. Biasanya digunakan setelah memberikan pendapat dalam diskusi di dunia maya.

17. #EOD

End of Discussion digunakan ketika menutup sebuah diskusi.

18. #OOT

Out of Topic, biasanya digunakan dalam sebuah diskusi di dunia maya, ketika seseorang peserta diskusi mengeluarkan pendapat yang berada di dalam topik yang tengah dibicarakan.

19. #FYI

Merupakan singkatan dari For Your Information, biasanya digunakan diawal kalimat pemberitahuan. Misalnya, untuk anda ketahui bahwa ....

20. #OMG

Atau singkatan dari Oh My God, digunakan untuk mengungkapkan perasaan kagum, terkejut, maupun ungkapan emosi lainnya. Biasanya juga ada yang menggunakan istilah #OMFG untuk menunjukan ungkapan yang lebih dalam akan tetapi lebih kasar.

21. #WTF

Ini merupakan bahasa yang kasar digunakan untuk mengungkapkan perasaan jengkel, marah, maupun ungkapan emosi negatif lainnya.

22. W/ dan W/o

Ini biasanya digunakan untuk menggantikan kata With dan without.

23. M/F

Biasanya digunakan dalam percakapan melewati pesan instan dengan lawan bicara yang belum diketahui. Istilah ini digunakan untuk menanyakan jenis kelamin lawan bicara, Male atau Female.

24. F9

Ini merupakan singkatan dari kata Fine.

25. BF atau GF

Merupakan singkatan untuk menyebut pacar, Boy friend atau Girl Friend.

26. BFF

Best friend forever atau sahabat sejati

27.#DAQ

Biasanya digunakan oleh seseorang yang tak mau ditanya lebih jauh mengenai informasi yang ia berikan. Ini merupakan singkatan dari Dont Ask Questions.

28. #AFAIK

Merupakan singkatan dari As Far As I Know, atau sejauh yang saya ketahui.

29. #IYDMMA

Biasanya digunakan untuk meminta persetujuan menanyakan sesuatu, yang lebih personal atau sifatnya rahasia. IYDMMA artinya if you don't mind me asking.

30 #OIC

Merupakan singkatan dari Oh I see, biasanya untuk mengungkapkan bahwa sudah paham atau sudah mengetahui.

Selain 30 istilah ini, masih banyak lainnya istilah yang bermunculan di dunia maya. Bahkan beberapa diantaranya sudah dimasukan dalam kamus urban populer.

Subscribe to receive free email updates: