Apa Itu Racun Sianida ?

Baru-baru ini heboh pemberitaan tentang meninggalnya seorang wanita yang tewas setelah meminum kopi dikawasan kemang Jakarta Selatan, setelah diteliti ternyata didalam kopi yang dikonsumsi oleh korban ternyata mengandung sianida, lalu apa zat sianida itu ?

Dikutip dari situs wikipedia, Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≡N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen.

Sumber detitfoto

Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti-garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CN− sangat beracun.

Zat sianida bisa menyebabkan kematian hanya dalam jangka 1-15 menit saja, bahkan puluhan gajah bisa mati dengan sekejap gara-gara zat ini, hal ini biasa dilakukan pemburu gajah liar Riau hingga Zimbabwe. Tak heran jika sianida termasuk salahsatu zat paling mematikan di dunia.

Konsentrasi yang lebih rendah dapat mengakibatkan korosi pada selaput lendir lambung, bau amandel yang tidak enak pada nafas, rasa terbakar, rasa tercekik pada tenggorokan, hingga erupsi noda bintik pada wajah. Zat ini juga bisa menimbulkan efek pengeluaran air liur, mual dengan atau tanpa disertai muntah, kegelisahan, rasa bingung, pusing, perasaan gamang, rasa lemah, sakit kepala, denyut nadi cepat, palpitasi, kekakuan pada rahang bagian bawah, dan opisthotonos, laju dan kedalaman pernafasan umumnya meningkat pada awalnya dan kemudian menjadi lambat dan terengah-engah. Dapat terjadi pengeluaran urin diluar kemauan serta diare.

Pada tahapan kejang-kejang, dapat diikuti dengan kelumpuhan. Bola mata dapat menonjol keluar dan manik mata dapat menjadi tidak reaktif. Kerusakan terhadap saraf optik dan retina, serta kebutaan kemungkinan dapat terjadi. Mulut dapat berbusa, yang terkadang disertai darah, merupakan indikasi terjadinya edema paru. Jika kematian terjadi, biasanya dalam jangka waktu 4 jam dan dapat disebabkan karena terhentinya fungsi sistem pernafasan atau anoreksia pada jaringan. Gejala lain dapat meliputi nyeri dada, bicara tidak teratur, dan tahapan stimulasi pada susunan saraf pusat yang bersifat sementara yang disertai hypernea dan sakit kepala.

Beberapa tokoh sejarah yang pernah tercatat tewas dengan zat ini adalah istri pemimpin nazi Adolf Hitler, Eva Braun dan ilmuwan Matematika terkenal Alan turing, mereka menenggak racun ini untuk mengakhiri hidup mereka.

dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates: